Al-Mawaddah Kudus (Yayasan)

Judul Proposal

Pengembangan PAUD Para Juara Melalui Inovasi Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences

Regional Sasaran 

Kab. Kudus, Provinsi: Jawa Tengah

Alamat Organisasi:

Honggosoco, RT 6 RW 1, Kel. Honggosoco, Kec. Jekulo, Kab. Kudus, Provinsi Jawa Tengah.

Profil

Pesantren Enterpreneur Al Mawaddah Honggosoco kudus merupakan salah satu pesantren di Indonesia yang telah fokus mengembangkan Tiga aspek tersebut yaitu intelektual spiritualitas, enterpreneur dan leadership. Pesantren ini berhasil memberdayakan santri pada khususnya dan masyarakat Kudus pada umumnya dengan Argo juga eduwisata pertanian dan peternakan yang dikembangkanya. Setiap harinya argo dan eduwisata berhasil menarik perhatian ratusan masyarakat dari berbagai elemen seperti mahasiswa dan instansi instansi lainya untuk mengamati langsung proses pertanian dan peternakan di pondok pesantren ini.

Budidaya lele, padi, tebu, sayur hidroponik, kebun buah merupakan beberapa sektor usaha yang dikembangkan oleh pesantren pimpinan KH. Sofiyan Hadi, Lc. MA ini. Beberapa hasil produksinya seperti buah naga, ketela dan tepung mocaf berhasil didistribusikan ke berbagai daerah sehingga dapat memenuhi kebutuhan pokok beberapa daerah disekitar kudus.

Dengan munculnya pesantren enterpreneur Al Mawaddah ini membuktikan bahwa pesantren dan kaum santri tdak hanya fokus pada pengembangan intelektualitas spiritual saja melainkan juga pengembangan segala hal positif yang dapat berimbas baik pada masyarakat umum sehingga terbukti pesantren dan kaum santri memiliki posisi yang sangat strategis dalam perkembangan bangsa Indonesia menuju ke arah yang lebih baik.

Adapun latar belakang pendidikan para santri  hampir sekitar 60% adalah di samping bertempat tinggal di Pesantren Al Mawaddah  Honggosoco  Kudus  mereka  juga  masih  belajar  di madrasah-madrasah atau  sekolahan-sekolahan di sekitar pesantren atau yang masih berada di Kabupaten Kudus, diantaranya adalah :

a. MTs Hasyim Asy’ari Jekulo –Kudus

b. MA Hasyim Asy’ari Jekulo –Kudus

c. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN Kudus).

d. Universitas Muria Kudus (UMK).

Pesantren Al Mawaddah Honggosoco Jekulo Kudus melaksanakan berbagai macam pendidikan, diantaranya adalah pendidikan nonformal dan pendidikan Kursus serta pelatihan. Dalam pendidikan nonformal atau pendidikan yang dibentuk oleh pondok pesantren sendiri adalah berupa pengajian salafiyah dengan menggunakan kitab kuning dan Motivasi spiritual.

Sedangkan untuk pendidikan Kursus serta pelatihan diantaranya adalah pelatihan-pelatihan dari Dinas / Instansi Pemerintahan baik Lokal Maupun Nasional.Adapun pendidikan nonformal sistem pengajarannya adalah menggunakan sistem klasikal atau madrasi juga sistem diskusi atau Musyawarah .Kemudian penunjang paling penting untuk kemampuan memahami kitab salaf Pesantren menyelenggarakan kegiatan khas yaitu ngaji bandonganyang langsung dari Pengasuh, Pembina, dan ustadz pada waktu dan tempat yang telah ditentukan.

Link Terkait

https://www.laduni.id/post/read/58015/pesantren-enterpreneur-al-mawaddah-kudus