Daftar Tanya Jawab Versi 3.0

    Terminologi Organisasi Penggerak

    Program Organisasi Penggerak adalah program pemberdayaan masyarakat secara masif melalui dukungan pemerintah untuk peningkatan kualitas guru dan kepala sekolah berdasarkan model-model pelatihan yang sudah terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar siswa.

    Pelaksanaan Organisasi Penggerak

    Program ini ditujukan kepada Organisasi Kemasyarakatan yang bergerak di bidang pendidikan.

    Pengajuan Dan Verifikasi Proposal

    Semua proses pengajuan proposal dapat dilakukan melalui laman Organisasi Penggerak (sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id) dengan tahapan sebagai berikut:

    1. Melakukan registrasi awal untuk mendapatkan akun bagi Organisasi Kemasyarakatan di laman Organisasi Penggerak.
      Mengisi informasi pada formulir registrasi yaitu:
      1. nama Organisasi Kemasyarakatan,
      2. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) atas nama organisasi,
      3. nama penanggung jawab,
      4. nomor ponsel dan surel penanggung jawab,
      5. sasaran intervensi,
      6. muatan program intervensi, dan
      7. pengalaman daerah penerapan program (berbasis kabupaten/kota) dalam 5 tahun terakhir.
    2. Melengkapi data pokok Organisasi Kemasyarakatan.
      Setelah mendapatkan akun dan kata sandi yang dikirimkan ke surel penanggung jawab, Organisasi Kemasyarakatan dapat melengkapi data pokok dan mengunggah berkas yang dipersyaratkan. Tahapan ini tetap bisa dilakukan hingga batas akhir pengajuan proposal.
      Jika organisasi sudah merasa semua informasi telah sesuai, maka bisa mengajukan verifikasi. Fitur verifikasi akan dibuka pada 16 Maret 2020 hingga 16 April 2020. Akun organisasi yang telah terverifikasi akan mendapatkan tanda terverifikasi.
    3. Mengisi proposal program dan rencana anggaran biaya.
      Selama masa pengajuan proposal (16 Maret s.d. 16 April 2020), pengisian formulir proposal dapat dilakukan secara bertahap dengan didukung fitur penyimpanan. Pengisian portofolio juga bisa dilakukan pada masa pengajuan proposal.
    4. Pengajuan proposal dianggap selesai jika akun melakukan konfirmasi pengajuan proposal dan status akun berubah menjadi “Proposal sedang diverifikasi”.
      Catatan: Semua organisasi yang memiliki akun dapat mengajukan proposal, tetapi hanya organisasi terverifikasi yang proposalnya akan dievaluasi oleh Kemendikbud.
    Lain – Lain

    Pada saat pengajuan proposal, organisasi dapat menyatakan bahwa rancangan program akan dibiayai dan ditanggung sepenuhnya oleh organisasi tersebut atau pihak ketiga. Dalam kasus ini, kalau organisasi tersebut lolos verifikasi/seleksi, Kemendikbud tetap akan melakukan pengukuran keberhasilan program sesuai Pertanyaan Nomor 16. Kemendikbud akan mengakui program organisasi sebagai partisipan dalam Program Organisasi Penggerak dengan status sama seperti semua organisasi yang lain.

    Organisasi yang menanggung biaya pelaksanaan programnya secara mandiri tidak harus mematuhi semua persyaratan pelaporan keuangan yang sama yang diperlukan untuk Bantuan Pemerintah. Namun, organisasi akan diminta untuk menyerahkan biaya implementasi tahunan agar dapat menilai efektivitas biaya program organisasi.